Pengalaman ke Situ Gunung Suspension Bridge Sukabumi

Mungkin kalian pernah mendengar Situ Gunung Suspension Bridge atau bahkan pernah berkunjung kesini. Yup, sebuah jembatan gantung yang jadi destinasi wisata ikonic di Sukabumi, Jawa Barat.
 
 

Jembatan ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam atau luar daerah. Bahkan sebelum resmi dibuka pun sudah ramai dikunjungi. Saya ingat dulu saat foto diatas diambil adalah saat belum resmi dibuka. Jadi saya mengambil foto tersebut dari balik pintu masuk jembatan. Kebetulan waktu itu pintunya masih memakai pintu kawat. Jadi ada celah.

Selang beberapa bulan, kalau tidak salah, ada shoft opening. Saya alhamdulillah sempat untuk berkunjung. Saya waktu itu kesana bersama teman saya sewaktu SMA.


Jembatan ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Masih satu kawasan dengan Curug Sawer dan Situ Gunung. Jadi kalau kalian datang kesini, kalian bisa dapat 3 destinasi sekaligus.

Untuk kunjungan kedua, saya pergi pagi-pagi dari rumah. Saya janjian di lokasi dengan teman. Sampai disana belum dibuka. Saya harus menunggu dan mengantre untuk mendapatkan tiket masuk. Harga tiket masuk bisa kalian searching dulu karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk kalian yang berasal dari luar kota jangan khawatir untuk tersesat karena kalian bisa menggunakan aplikasi Maps. Karena lokasinya tidak terpencil. Terjangkau dengan jalan raya. Jadi kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat sampai tujuan.

Untuk lahan parkir sudah di sediakan. Walau kadang saat padat pengunjung kalian juga harus bersabar. Tapi pihak pengelola biasanya menyediakan lahan parkir extra.

Untuk kamu yang sering ingin ke toilet setelah perjalanan jauh apalagi di pagi hari, tersedia beberapa toilet yang bisa kalian gunangkan. Ada di area parkir saat masuk gerbang utama. Atau di dekat cafe tempat mengambil welcome drink. Bahkan di area sebelum masuk jembatan. Dan masik banyak lagi.

Sekitar jam 7 barulah kita masuk ke area jembatan. Tentunya setelah bayar tiket ya. Jika awal buka, pengunjung biasanya lebih sedikit. Jadi kamu bisa lebih leluasa saat mengambil foto.

Foto diatas adalah sebelum jembatan. Disediakan tempat duduk untuk beristirahat atau menunggu giliran untuk ke jembatan. Karena kita tidak bisa seenaknya menyeberang. Ada kuota tertentu untuk menyeberang jembatannya.

Foto diatas diambil dari kunjungan pertama saya. Pengunjung belum diberikan sabuk pengaman. Sekarang sudah berbeda. Jadi untuk kalian yang takut ketinggian seperti saya, dengan adanya sabuk pengaman tersebut setidaknya bisa sedikit mengobati.

Sensasi saat berada di atas jembatannya sedikit ngeri-ngeri sedap. Ada rasa takut. Tapi juga ada rasa takjub. Karena anda akan disajikan pemandangan yang indah dan suara hewan-hewan. Untuk kamu yang takut ketinggian, saya sarankan untuk membawa teman saat menyeberang. Agar ada tempat berpegangan dan yang menuntun kalian.


Sesampainya di seberang, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer. Kalian akan disuguhkan udara yang sejuk. Terasa nyaman. Jauh dari keramaian kota. Anda akan menyusuri jalan dari bebatuan dan beberapa tangga. Jaraknya tidak terlalu jauh dari jembatan.


Anda bisa mendengar suara gemuruh air dari kejauhan. Airnya begitu deras. Saat anda berada disana. Anda akan merasakan kesejukannya. Airnya jernis dan bersih. Rasanya ingin berenang saja.


Sebenarnya ada welcome drink saat anda memasuki area jembatan. Ada tempat yang secara gratis menyediakannya. Namun saya mengambilnya saat setelah kembali dari jembatan dan air terjun. Kalian bisa menikmati makanan dan minuman tersebut sambil melihat pertunjukan kesenian tradisional di tempat saya berada tersebut.

Tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Situ Gunung saat anda kesini. Letaknya tidak terlalu jauh dari jembatan. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.

Danau ini begitu indah. Dan cocok untuk kalian yang gemar dengan landscape photography atau folk photography ada beberapa spot yang bisa kalian manfaatkan.

Sebenarnya ada banyak fasilitas lain. Seperti camping ground dan Cafe. Kalian bisa kunjungi situgunungbridge.com untuk info lebih lanjut.

Well, sekian pengalaman saya berkunjung ke Situ Gunung Suspension Bridge. Semoga bisa memberikan informasi. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar.

See you next trip.

Komentar

Lagi Hits