Tips Memotret Saat Travelling Menggunakan Smartphone




Untuk kamu yang hoby travelling pasti sudah terbiasa mengabadikan tempat dan moment indah saat di lokasi. Tak jarang kita sengaja membawa DSLR atau Mirrorless. Tapi nyatanya tidak semua orang memiliki "kamera" untuk memotret.

Ada banyak orang yang memilih membawa smartphone saat bepergian. Salah satunya saya. Saya cukup lama mengandalkan smarphone untuk mengabadikan moment-moment saat travelling.

Entah hanya saya atau kamu juga merasakan rasa minder saat memotret disandingkan dengan kamera DSLR atau mirrorless.

Tahukah kamu? Seharusnya kamu gak merasa seperti itu. Meski kamera membantu kita mendapatkan hasil yang bagus, tapi kembali lagi, tergantung kemampuan si penggunanya.

Baiklah, saya akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang suka travelling tapi masih menggunakan smartphone sebagai gear utamanya agar mendapatkan hasil foto yang bagus.

1. Kenali Fitur-Fitur pada aplikasi kamera yang kamu gunakan.

Kamu harus tahu terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang ada di aplikasi kameranya. Bagaimana mengatur mode memotret, mengatur focus, pencahayaan, dll. Semakin kamu menguasai fitur-fiturnya, akan lebih mudah untuk kamu memaksimalkan fotomu.

2. Pastikan Baterai Terisi Penuh.

Salah satu kendala saat kita bepergian seharian adalah ketahanan baterai smartphone. Terkadang kita tidak bisa lagi memotret karena baterai sudah keburu habis. Atau bahkan lupa mengisi daya semalam. Saran saya, bawa charger atau powerbank agar bisa kamu gunakan saat kondisi darurat.

3. Ambil Angle yang Tidak Biasa

Maksud saya adalah kita harus pintar mencari angle (sudut pandang) yang tepat. Ini perlu latihan dan imajinasi. Kamu harus bisa mencari dari arah mana kamu mengambil gambar. Yang pasti, usahakan jangan mengambil gambar melawan cahaya. Karena sering terjadi foto menjadi gelap di beberapa sisi dan terlalu terang di sisi lainnya. Kecuali jika kamu sudah terbiasa mengambil foto dengan backlight. Saya sarankan kamu untuk sering melihat hasil karya photographer profesional agar referensi kamu dalam menentukan angle yang baik.

4. Jangan lakukan Zoom (Diperbesar).



Hindari zoom saat kamu memotret dengan smartphone. Karena hasilnya akan kurang tajam. Lebih baik kamu maju atau mundur dari objek foto.

5. Pastikan Lensa Kamera Smartphone Bersih.

Sering terjadi jika kita memotret saat gerimis, berembun, atau tempat berdebu lensa kita jadi kotor. Membuat hasil foto jari buram. Jadi kamu harus pastikan lensanya bersih.

6. Hindari Memotret Saat Gelap.





Meski sekarang banyak smartphone yang bisa memotret dengan keadaan low light, tapi percayalah, jika cukup pencahayaan, foto kamu akan lebih maksimal. Maka dari itu saya lebih sering melakukan trip saat siang hari dibanding malam.

7. Pastikan Memory Card Memadai

Bukan hal lucu ketika kamu jauh-jauh ke suatu tempat, dan saat sampai lokasi ternyata memori penyimpananmu penuh. Pasti akan sangat mengecewakan.

8. Memotret di Golden Hour

Kamu bisa manfaatkan moment ini. Sekitar pukul 07:00-08:00 atau 17:00-18:00. Karena akan memberikan kesan dramatis dan warna yang cantik.

9. Beli Aksesoris Tambahan

Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa membeli aksesoris tambahan. Mislanya:

A. Monopod atau Tripod

Jika kamu adalah seorang solo traveller, lebih baik membawa monopod atau tripod. Karena sangat berguna jika kamu ingin selfie atau berfoto masuk frame. Kamu bisa menggukan timer atau tomsis (tombol narsis). Untuk tomsis kamu bisa beli terpisah atau yang sudah satu paket.

B.  Lensa Tambahan

 

Lensa tambahan yang sering saya pakai adalah lensa wide angle. Ada banyak dijual dipasaran. Kita hanya perlu menjepitkan lensanya di depan lensa smartphone kita.

C. Filter lensa Smartphone

 

Seperti halnya lensa kamera, kita juga bisa menambahkan filter. Biasanya dijual satu paket dengan lensa tambahan. Filter yang sering saya gunakan adalah filter CPL untuk memotret objek seperti danau. Atau filter ND (Neutral Density) untuk memotret air terjun, atau filter GND (Gradual Neutral Density) untuk memotret objek dengan background langit. 

10. Sering Berlatih

Memotret itu perlu praktek. Perlu latihan agar memperkuat skill yang kamu miliki. Memotretlah meski sedang tidak travelling.

11. Edit dengan Baik 

Meski mengedit foto terjadi setelah foto itu jadi, tetapi ini juga penting agar fotomu semakin menarik. Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Baik tentang bagaimana mereka mengedit atau "alat" apa yang mereka gunakan. Kamu bisa mengedit dengan software atau aplikasi yang kamu bisa. Namun jika kamu bertanya saya mengedit menggunakan apa? Saya lebih sering menggunakan Adobe Lightroom Mobile. Karena saya suka hasilnya dan mudah dioperasikannya.

Untuk kamu yang mungkin masih belum tau mau pakai apa selain lightroom dan bisa digunakan di smartphone, kamu bisa menggunakan vsco, snapseed, atau picsart. Tergantung kamu suka yang mana.

OK, sekian tips dari saya untuk memotret saat travelling menggunakan smartphone. Jika ada saran atau pertanyaan bisa tulis dibawah.

See you next tips.

 

 

Komentar

Lagi Hits