Hunting Foto di Kebun Teh Tegalega Cianjur

Ini adalah hunting pertama saya di 2021. Saya masih belum bisa pergi jauh karena pandemi ini. Lalu saya teringat dengan lokasi di Cianjur. Tidak terlalu jauh. Nama lokasinya adalah kebun teh Tegalega.

Kebun teh Tegalega ini terletak di desa Mekarwangi, kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya sebenarnya sangat mudah di jangkau. Jalannya pun bagus. Hanya saja tidak terletak di jalan provinsi dan agak sepi.

Untuk kamu yang ingin berkunjung kesini. Jika dari arah Bandung, kamu bisa masuk dari pertigaan sebrang Pasar Gekbrong. Sekitar 10 menit dari sini. Dengan jarak 3,7 Km.

Kamu tidak perlu khawatir tersesat, kamu hanya perlu membaca aplikasi maps dengan baik. Patokannya adalah ketika kamu sudah menjumpai jalan yang di sampingnya kebun teh dan pohon palm, maka kamu sudah sampai.





Yup, tujuan saya kali ini bukan tempat wisata komersial. Ini hanya kebun teh di pinggir jalan. Saya akan mengambil beberapa foto dengan menanfaatkan view di sekitar sini. Ngomong-ngomong, ini tempat gratis. Jika akhir pekan atau sore hari banyak orang yang sekedar menepi atau bahkan pacaran.

Saya berkunjung kesini sekitar pukul 4 sore. Bersama teman yang nantinya akan masuk frame foto saya. Awalnya saya ingin mengambil foto di tengah jalannya, namun agak sulit mencari angle dan jalanan lumayan ramai. Bagimana pun saya harus mengutamakan keselamatan.

Oke, kita mulai hunting!





Berhubung saya ingin mengambil background jalan, tapi tidak kesampaian, saya akali dengan menutup beberapa spot dengan model dan tetap mengambil background yang saya inginkan. 

Saya menggunakan mode Aperture Priority dan bukaan terbesar lensa agar bisa sedikit bokeh. Picture style yang saya gunakan adalah portrait, dan ISO otomatis.

Lanjut ke foto selanjutnya.





Meski model menyamping, saya tetap bisa mengambil dengan front light. Memanfaatkan pohon palm yang ada disana untuk foreground.

Seperti yang saya katakan di awal, jadi kiri kanan jalan ini adalah kebun teh. Saya mencoba spot yang bisa saya gunakan.

Ada 2 sisi kebun teh. Jika di sebelah Selatan, itu kebun teh dengan banyak pepohonan. Sedangkan di sebelah Utara adalah kebun teh dengan background gunung Gede.

Saya akan mengambil foto di sisi Selatan terlebih dahulu.




Saya coba mengambil foto simetris pada background dengan susunan pepohonan. Namun tidak bisa maksimal karena susunan pepohonannya tidak merata. Saya coba mengambil foto folk.

Selain foto ini, saya juga mengambil foto lain di lokasi yang sama namun hanya memanfaatkan 1 sisi susunan pohonnya.

Setelah puas di satu sisi, saya coba mengambil foto di sisi Utara. Saya ingin mengambil foto dengan background gunung Gede.




Namun sayang karena gunung Gede sedang diselimuti awan. Jadi tidak bisa terlihat secara keseluruhan. Meski masih bisa sedikit kita lihat.

Baca juga: Hunting Foto di Hutan Pendidikan Gunung Walat Sukabumi

Selain foto-foto diatas, saya juga sempat membuat foto dengan framing sebuah lubang pohon. Uniknya, lubang pohon ini ada air di dalamnya.





Meski ukurannya kecil, tetapi sudah cukup untuk membuat frame pada foto.

Baiklah. Sekian hunting foto kali ini. Jika ada saran atau pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

See you next hunting.

Model: Muhammad Galuh

Instagram model: lugalumanah111

Komentar

Lagi Hits