Mampir Sejenak ke Bandung Bagian Ketiga

Tulisan ini adalah tulisan terakhir dari kegiatan saya di Bandung. Untuk kali ini saya akan menyajikan beberapa foto saya di luar jalan-jalan saya.

Untuk kamu yang belum membaca bagian keduanya, bisa baca disini.

Saya stay di Bandung beberapa minggu, namun saya tidak bisa jalan-jalan leluasa, karena tentunya sedang pandemi. Untuk mengisi waktu, saya memotret di tempat yang dekat saja.

Pemandangan dari Roof Top Pasar Baru

Sepulangnya dari Alun-alun Kota Bandung, saya sempatkan ke Pasar Baru. Dulu saya sempat kesini bersama teman saya, baik untuk mencari lowongan kerja atau sekedar melihat pemandangan dari atas.

Memang pemandangan dari atas sini, kita bisa melihat beberapa sudut kota Bandung. Hanya saja kita harus hati-hati. Jangan terlalu pinggir. Nanti disangka mau bunuh diri, hehe.. Karena saat saya kesini, saya sempat diperingatkan satpam untuk tidak berdiri dekat tepi. Mungkin dikhawatirkan akan terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Selain dari lantai paling atas, kita juga bisa melihat pemandangan dari lahan parkir. Salah satu pemandangan yang bisa kita lihat adalah Mesjid Agung Kota Bandung.  Meski kita hanya bisa melihat bagian atap dan menaranya saja.

Mengasah Kemampuan Foto Panning

Awalnya saya ingin berburu foto pesawat saat take off. Saya berjalan ke arah Fly Over Cimindi, namun tak kunjung mendapatkan momentum yang bagus. Akhirnya saya pulang dengan tangan hampa.

Sepulang dari hunting itu, saya terfikir untuk mengambil foto panning di ruang jalan dekat SMAN 13 Kota Bandung. Saya coba beberapa kali foto. Hingga akhirnya mendapatkan foto di bawah ini.

Saya ngerasa belum mahir untuk tehnik foto satu ini, namun saya merasa ada sedikit kemajuan. Karena saya tidak perlu banyak melakukan percobaan untuk mendapat foto di atas. Kamu bisa bandingkan dengan foto panning saya sebelumnya disini.

Bagi saya, fotografi bukan hanya soal pengetahuan teori yang penting, tapi harus dibuktikan dengan praktik. Sedikit percuma jika kita memiliki pengetahuan teknis mumpuni dari teori, namun tidak mumpuni dari hasil fotonya.

Berbagi Kebahagiaan Melalui Fotografi

Salah satu yang berkesan bagi saya saat berada di Bandung kali ini, adalah saat saya memotret anak yang senang karena difoto. Bukan soal bayarannya, karena ini gratis. Tapi saat saya bisa melihat tawa anak itu.

Pada awalnya, saya sedang memotret di depan kost-an orang tuanya. Lalu dia datang, dan mengatakan ingin difoto. Ortunya sempat melarang, karena mungkin merasa tidak enak kepada saya. Namun saya katakan bahwa saya tidak keberatan akan hal itu. Saya senang jika bisa membuat anak itu senang. Lagi pula, dia bukan meminta sesi pemotretan secara profesional. 

Berbagi tidak selama tentang materi, bukan? Terkadang berbagi kebahagiaan dari sebuah pemotretan pun mungkin bisa masuk hitungan.

Baca juga: Mampir Sejenak ke Bandung Bagian Pertama

Well, sekian tulisan saya selama di Kota Bandung. Kota ini akan selalu saya ingat dan memiliki kesan tersendiri. Bandung adalah kota yang indah. Kota yang mungkin akan selalu saya rindukan.

See you next trip!

Komentar

Lagi Hits