10. Tips Pergi ke Luar Negeri dengan Pesawat untuk Pemula.

Beberapa hari yang lalu, saya pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya. Bahkan, ini adalah pertama kali saya naik pesawat, kereta cepat di Eropa, dan juga kereta biasa di sana. Hal ini membuat saya bingung. Banyak kekhawatiran yang saya rasakan. Karena kurangnya pengalaman dan Informasi yang cukup untuk saya. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips untuk kamu yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri. Agar kamu setidaknya aman sampai tujuan.

1. Pernah Melakukan Penerbangan Domestik Terlebih Dahulu

Ini bukanlah hal yang wajib, namun ada baiknya kamu pernah melakukan penerbangan domestik terlebih dahulu. Ini seperti latihan untuk melakukan penerbangan jarak jauh. Setidaknya kamu akan tahu bagaimana alur untuk naik pesawat. Meski mungkin aturan dan alur di negara kamu berbeda dengan negara tujuan. 

Sebelumnya, saya belum pernah merasakan naik pesawat. Meski saya sering travelling ke beberapa kota di Indonesia, tapi semua itu saya lakukan dengan perjalanan darat atau laut.

Akan sangat memudahkan kamu, jika kamu berpengalaman naik pesawat. Seperti bagaimana cara check in dan boarding, atau minimal kamu tahu aturan apa saja yang harus kamu patuhi saat naik pesawat.

2. Kumpulkan Informasi Aturan Naik Pesawat dan Barang Bawaan

Ada beberapa aturan yang harus kita patuhi saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Contohnya tidak boleh bercanda tentang membawa bom, tidak boleh membawa gunting kuku kedalam kabin, dan masih banyak lagi.

Hal yang sering terjadi adalah mengenai barang bawaan. Kamu harus perhatikan aturan yang satu ini dengan seksama. Kamu bisa mencarinya di internet tentang aturan barang bawaan di pesawat, terutama untuk benda cair, benda tajam, benda dengan bau menyengat, barang mewah, dan obat-obatan keras (untuk pengobatan pribadi).

Waktu saya melakukan penerbangan Jakarta - Frankfurt, ada teman saya yang parfumnya tidak boleh dibawa ke dalam pesawat, karena melebihi batas ketentuan. Tentu sangat disayangkan, bukan? Apalagi misal parfum itu adalah parfum kesayangan kamu dan juga bukan parfum dengan harga murah.

3. Kenali Aturan Penerbangan Masuk ke Negara Tujuan

Ini sangat penting! Jangan sampai kamu tertahan di Imigrasi hanya karena kamu melanggar aturan masuk yang diterapkan di negara tujuan. Tidak lucu tentunya jika sampai kamu tidak bisa masuk negara tersebut, hanya karena kamu tidak patuh dengan aturan. Terutama aturan saat pandemi seperti sekarang.

Saat saya berada di Bandara Istanbul, di Gate untuk boarding, ada ibu-ibu sedang bersitegang dengan petugas maskapai karena dia tidak memenuhi syarat yang diberikan. Bukan hal yang menyenangkan jika kamu harus tertahan saat akan naik pesawat. Apalagi di luar negeri. Jadi, baca aturannya baik-baik dan patuhi. 

4. Lengkapi Dokumen Perjalanan

Jangan lupa bawa semua dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan. Terutama paspor, jangan sampai tertinggal di rumah, ini sangat fatal. Karena saat berada di luar negeri, dokumen utama kita adalah paspor.

Selain paspor, masih ada beberapa dokumen lain. Contohnya saya, berhubung saya akan melakukan layanan sukarelawan di Jerman, jadi saya bawa surat kontrak kegiatan tersebut. Ini sangat berguna jika petugas maskapai atau imigrasi bertanya mengenai apa tujuan kamu ke negara tersebut. 

5. Persiapkan Akomodasi dengan Matang

Ada baiknya kamu membeli tiket atau booking hotel sebelum kamu melakukan perjalanan. Jangan semuanya dilakukan mendadak. Kita tidak tahu sesusah apa kita nanti di negara tujuan. Saat kamu sudah memesan tiket atau keperluan lainnya, kamu akan merasa lebih tenang.

Untuk membeli tiket pesawat, ada baiknya dilakukan langsung si aplikasi atau laman resmi maskapai. Biasanya harganya relatif murah dan lebih mudah saat kamu perlu reschedule atau refund.

Untuk membeli tiket kereta di Eropa, terutama Jerman, ada baiknya memesan jauh-jauh hari. Karena biasanya semakin dekat ke tanggal keberangkatan, harga tiket semakin mahal.

6. Persiapkan Alat Pembayaran yang Sah

Meski saat ini pembayaran sudah banyak dilakukan secara digital, namun kamu harus tetap menukar mata uang asing dari rupiah secara tunai. Lebih baik jauh-jauh hari kamu menukarkannya, yaitu saat harga mata uang asing tersebut sedang relatif mahal. Kamu bisa cari tahu kisaran harga normal mata uang asing yang kamu perlukan.

Kata teman saya, menukar mata uang asing di bandara relatif lebih mahal dibandingkan di luar bandara. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak. Namun, ada baiknya kamu menukarkan sebelum tiba di bandara atau bahkan negara tujuan. Agar lebih hemat tentunya.

Jangan lupa untuk membawa kartu ATM atau debit yang terhubung dengan pembayaran internasional. Ini akan sangat bermanfaat jika kamu nanti perlu melakukan pembayaran digital di negara tujuan, atau bahkan jika kamu perlu melajukan tarik tunai di luar negeri.

Pastikan jumlah uang yang kamu miliki cukup. Bahkan lebih baik jika lebih banyak. Karena untuk jaga-jaga. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di luar negeri. Lebih banyak kamu membawa, lebih baik. Namun, perhatikan juga batasan membawa uang tunai. Karena itu ada aturannya. Kamu bisa cari tahu tentang itu di internet.

7. Jangan Terlaly Banyak Membawa Koper atau Tas

Jika kamu berniat berlibur, ada baiknnya kamu tidak banyak membawa tas atau koper. Lebih bagus jika kamu membawa sedikit barang bawaan. Apalagi kamu baru pertama kali berada di luar negeri. Selain karena menyulitkan, tentu ada risiko tertinggal juga. Jika tujuannya adalah berlibur, lebih baik kamu nanti membeli barang di negara tujuan lalu membawanya sebagai oleh-oleh. Bukan hal aneh jika kita berangkat dengan 1 koper lalu pulang dengan 2 koper atau lebih.

8. Perbaiki Bahasa Inggrismu

Ini sangat penting! Karena komunikasi sangat dibutuhkan ketika kamu berada di luar negeri. Untuk berbicara, bertanya, atau sekedar menyapa orang lain, diperlukan bahasa yang dapat di mengerti. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang tentu banyak digunakan orang. Akan sangat membantu jika bahasa Inggrismu sangat baik. Terutama saat kamu bertanya tentang informasi yang kamu butuhkan dari orang asing.

Selain bahasa Inggris, ada baiknya kamu bisa bahasa negara tujuan. Apalagi jika tujuannya berada di kota kecil. Terkadang ada orang yang tidak bisa menggunakan bahasa Inggris juga. Jika kamu bisa bahasa setempat, itu akan lebih membantu.

Jika bahasa Inggris dan bahasa lokal (negara tujuan) kamu kurang baik, kamu bisa menggunakan aplikasi penterjemah. Ada banyak tersedia layanan ponselmu. Kamu bisa menggunakan itu. Namun, jika itu tidak memungkinkan, jangan malu untuk menggunakan bahasa isyarat. Sebuah hal normal jika kamu menggunakannya, yang penting bisa dimengerti.

9. Pergi Bersama yang Berpengalaman

Jika memungkinkan, lebih baik kamu tidak pergi sendiri. Tapi pergi dengan orang yang sudah pernah pergi ke negara tujuan kamu. Karena ini akan sangat membantu. Kamu mungkin tidak tahu bagaimana rasanya seperti anak ayam hilang di luar negeri. Bingung harus pergi kemana dan apa yang harus dilakukan.

Jika kamu tidak bisa pergi dengan yang berpengalaman dari awal berangkat, kamu jangan malu untuk bertanya. Jangan malu, orang lain pun akan melakukan hal yang sama.

10. Jaga Sikap Kamu

Setelah kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, apa saja aturannya, kamu harus memperhatikan juga prilaku kamu. Kita memiliki peribahasa: dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Ya! Kamu harus jaga sikap kamu. Jangan karena kamu tidak kenal orang di sekitar kamu, lalu urat malu kamu mendadak putus. Tetap jaga nilai-nilai kesopanan. Jangan sampai kamu membuat orang lain tidak nyaman. Membuat perjalananmu seaman dan senyaman mungkin adalah pilihan terbaik.

Baca juga: Solo Travelling? Berikut Untung, Rugi, dan Tipsnya

Baiklah, sekian tips dari saya kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran, kamu bisa tulis di kolom komentar.

See you next tips!

Komentar

Lagi Hits